Moddle

Kemarin saat di kampus saya, Mega, Reiza dan Gilang sedang menanti jam selanjutny untuk masuk ke kelas SAP, kami mengisi waktu luang di labor. Iseng saya buka website moodle kampus saya. Saya tuh pang males na liat update an moodle yg didalamnya berisi daftar WP(Wahlpflicht) dan pesertanya, dan daftar Dosen pembimbing dan mahasiswa yg sudah terdaftar, soalny masih ada ujian2 yang masih beum kelar, jadi yg kek gini tar-tar an aja deh. Dengan kata lain: saya masih belum terbiasa dengan system moodle yang baru digunakan oleh anak2 angkatan saya semester ini.

Saat saya liat daftar dosen pembimbing. Dosen favorit saya sudah habis terjual. Oops maksudnya sudah laku diambil 8 mahasiswa. Soalnya seorang dosen hanya boleh maksimal nanganin 8 mahasiswa yg mau nulis Bachelorarbeit. Pilihan kedua saya jatuh pada dosen paling baik sefakultas. Saat ngeliat listnya baru keisi satu orang, dengan semangat penuh, pure dan tanpa dosa saya mengklik namanya sambil masih ngobrol sama yang lainnya.

Lalu Gilang nyeletuk, “nenek ko udah eintragen???”

„Heu? Iya laaah takut tar keabisan tempat“

„emg lo udah ngomong sama dosennya?“

Saya diam.

“emg udah tau mo nulis apa?”

Saya diam. Kita masih semester 5!!! Masih ada 6 ujian disemester ini yg harus diselesaikan.

Secepat kilat saya buka moodle lagi, muter2 nyari button untuk meng-cancel. Dengan PD nya malah ngeklik tombol lain yaitu tombol keluar grup WI aka grup jurusan saya di Moodle. 

Hiyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kepala saya pusing bukan main. Rasanya pengen berubah jadi orang barbar, ngangkat PC dan buang lewat jendela. Bak Russel Crowe yg membuang meja belajar seenak udelnya di film A Beautiful Mind.

Untungnya untuk anmelden moodle cukup beberapa menit.
Tapi masalah dosen pembimbing itu looo? Masa lapor ke dosennya, “maaf pak dosen, saya ga jadi daftarin diri, soalny saya ga siap. Terus tadi itu saya Cuma iseng-iseng doank ko ngeklik”. Boooo bisa2 dideportasi gue.

Pusing mikirin excuse, saya nginget2 hal-hal yang nyenengin. Karena kalo ga kaya gitu saya tipikal orang yg suka ribet sendiri, clumsy dan nantinya malah bikin masalah baru. Hal mengingat-ingat ini juga malah jadi bikin orang eneg, soalny saya malah jadi nyengir2 sendiri. Walhasil, option barusan dibatalkan.

Sampe rumah, langsung nulis email. Nyari inspirasi lewat detective conan. Dan akhirnya… akhirnya saudara2, saya memutuskan untuk jujur. Saya bilang ke beliau kalau saya ga baca peraturannya, seharusnya sebelum milih, harus sudah ngomong dan minta izin sama sang dosen. Terus saya curhat kalo saya belum punya judul, dan saya nulis “baru juga semester lima…”. Pokonya isinya curhat lah. Belum lagi dengan bahasa Jerman yg belepotan.

Setelah email terkirim. Saya pasrah, diomelin-diomelin deh. Ceroboh banget siiiih wwwwwwrrrhhhh
Dan pagi ini…Alhamdulillah wa syukurillah…

dikira bakal diomelin dan sebagainya. Tau jawabanny apa? Singkat banget.

“Ist kein Problem, machen Sie keine Sorge J”.
It’s not a problem, don’t worry. Kejujuran membawa hasil yg baik.

Anyway, Brandenburg jadi kampusnya anak Indonesia ni sekarang. Soalnya angkatan barunya banyak banget orang Indonesia nya. Sampe pas ketemu di kereta, Hariz bilang "gile, satu gerbong Indonesia semua, dah kek lebaran". hehehe

Comments