Dunia itu sempit


SMA 44 Jakarta Timur 2003
Saya: lo knp dipanggil Beyo si`??? Nama bagus2  juga!!!
Nisa: Dulu pas SMP kelas satu, gue ma temen sebangku gue berisik banget kek burung! Nah gue dipanggil beo, yg satunya betet. Jadilah duo burung yg rame!!


EF Kalimalang 2004
Saya selalu malas pulang kalau ada jadwal les sorenya, jadi setiap selasa kamis, saya diam disekolah sampai sore atau mampir sebentar kerumah teman, lalu melesat ke Kalimalang. Biasanya juga datangnya selalu terlalu cepat. Masuk baru jam 5 tapi sdh dari jam stngah lima saya sudah nangkring di bangku depan EF.
Disinilah saya melihat perempuan itu untuk pertama kalinya. Duduk, muka berlipat, merengut, sambil bawa buku cetak EF yg tebal dan besar, DIAM.
Entah kenapa saya memperhatikan perempuan itu. Tiap selasa kamis, dan tiap hari itu juga perempuan itu datang ‚duluan‘ sebelum waktu masuk. Kadang dia ‚nangkring‘ di Hoka-Hoka Bento samping dengan genk nya yg super rame.

Workshop Euro Management 2005
She’s there!!! Perempuan yg di EF itu, yg kelasnya didepan kelas saya, yang kalo sendiri jutek banget, tapi kalo lagi nge-genk ramenya minta ampun.
Tapi dia diam… duduk didepan dengan 2 org perempuan lain. Bukan… bukan genk EF nya. Ini genk lainnya yang lebih kalem, lebih diam, dan… lebih eksklusif. Belakangan baru tau kalo di Euro mereka memang tingkatan bahasa jermannya eksklusif, siswa percepatan euro kali ya???

Berlin, Summer 2006
Namanya Betranti Sagashanti, lulusan SMP 109, dan SMA Al Azhar Kelapa Gading. Baru di Jerman berteman dengan perempuan berjilbab, ex perokok, rame, pintar, dan… sehat. Someway saya dan dia jadi dekat, awalnya Cuma karena saya liburan ke Berlin dari Coburg, lalu… tinggal satu rumah saat saya memutuskan untuk kuliah di Berlin.
She’s a good friend to talk to, to share with, and to be loved. Dari sejarah yang nyaris sama, seolah-olah belajar cari titik terang tinggal di Jerman, mau jadi manusia yang lebih baik… intinya sih begitu. Sampe akhirnya saya tetap berjilbab, dan dia (alhamdulillah) berjilbab, kami sama-sama berhenti merokok, belajar tidak bergosip, berdiskusi sana sini, jalan-jalan, coba hal-hal baru…
Sampe akhirnya… dia cerita, kalo dia pernah dijuluki BETET saat SMP!. HAHA… betapa sempit dunia, saat tau kalo sahabat saya di Jerman adalah teman dari sahabat saya di Indo!!! 

Berlin, Winter 2009-2010
„Beyo skrng dah mapan tet, kerjanya ngaudit keuangan perusahaan2 di seluruh indo. Jadi tiap bulan dia keluar kota terus. Mantap lah…“, kata saya bercerita.

„oh ya`???? wadu… beyo dah sukses, Burung yang disini juga harus belajar nih!!!! biar sukses!“, kata Beti dengan nada serius seraya meluncur ke meja belajarnya Sari, kembali bergelut dengan Database nya. Goodluck ya cantiiiik.

Comments

  1. iiiih iyaaaaa?? kereeen!! cool cool:)

    ReplyDelete
  2. sehr aufgewühlt, semoga persahabatannya barokah dan langgeng ya..

    ReplyDelete
  3. @liho: iya ya? dunia sempit ya? jgn2 kamu sepupunya temenku lagi liy? :)@dimas: amin :)

    ReplyDelete

Post a Comment