Mari kita belajar jadi orang pandai

Kemarin salah satu teman saya bilang gini ke saya, „gue jadi pengen ngejelek2in diri sendiri“. Intinya seperti itu, kalimat tepatny saya lupa. Irgendwie saya jadi mikir sendiri, entah yang dipikirkan saya sama atau tidak dengan yang dimaksud tmn saya tsb. Tapi diotak saya tiba2 ingat, ada orang yang mati2an buat image dimata orang biar kelihatan perfect woman, perfect guy. Ada juga orang yang santai tapi karena innerbeauty nya jadi terlihat hebat, terlihat lebih cantik/ganteng dari wajahnya sendiri, ada yang malah sabodo teuing ga mikir gaya hidup ga mikir baju ga mikir apapun pokonya otakny disimpen aja di lemari ga mau mikir tapi hatinya teteup dibawa kemana2 jadinya ya gampang tersinggung.




Manusia banyak macamnya, saya sendiri sebagai manusia masuk diantara salah satu diatas. Cuma terkadang sering mengelak, dalam hati kecil, yang paling kecil „engga saya bukan yang termasuk diatas, saya beda“. Setitik kesombongan tuh pasti ketoreh dihati. Entah gimana datangnya, mau di prevent sehebat apapun kadang suka aja ada sekelebat rasa yang bilang, „das bin ich!“ saat usai melakukan sesuatu. Entah sesuatu itu hebat atau tidak.


Balik lagi ke diri sendiri sih sebenarnya. Orang pang hebatna menurut Rasulullah salah satunya  adalah orang yang pandai mengelola emosi. Jago ngelurusin hatinya, walau dia sedih dia tetep jalan. Orang yang berani bilang ke hatinya, „ikut bahagia! ga usah sirik“ ke dirinya sendiri saat melihat saudara nya senang atau saat temenny sedih ga seharusny kita bilang "sukurin lo!" << yg ini extreme banget sih atau ini -> „udah ga usah komentar!“ saat ngeliat ada yang ga ngenakin mata dari pada yang keluar malah jadi ngatain orang seperti, "manja banget si!". Intinya sih nahan emosi, manage emosi. Tetap bisa lurus walau sehebat apapun badai menerpa *aih...


Hehe tapi susah ga sih? Saya kalau sedang seperti itu, biasanya narik diri dari komunitas, atau diam. Diam nya saya sih sebenerny pengen mikir sejenak. Ini ni egois saya disini, ketika saya diam orang lain harus ngerti dan membiarkan saya diam, padahal kalau ikut ciri orang pandai seperti diatas tadi harusny saya bisa nahan emosi. Jujur saya sedang belajar. Belajar untuk menahan emosi dan mengurangi kediaman saya ketika sedang kecewa.


Dan satu hal… ansos (anti social) time buat saya pribadi adalah kebiasaan juga kebutuhan, bukan hal yang tiba2 datang. Kebiasaan untuk membiarkan diri berpikir dalam tenang hingga saat bertemu orang2 lain, keadaan pikiran fresh, ga buruk sangka dan nicht zu viel im Kopf. Begitu definisi ansos dari saya, entah menurut orang2 yang anggap saya ansos selama ini definisinya seperti apa. Ich brauche viel mehr Ruhezeit als die Andere :).
Semoga apapun yang terjadi pada kita membuat kita belajar jadi orang yang lebih baik, dimanapun, kapanpun.


Mohon maaf apabila ada kata2 yang tidak berkenan, sekali lagi ini mah Cuma curhat da :D

Comments