flashback

Sepertinya sudah tidak terbendung lagi rasa kesal dan marah semua tercampur jadi satu hingga yang ada hanya tangisan dan sesekali berteriak di dalam kamar. Hanya bisa diam melihat sesuatu yang salah, dan saya tau salah tapi saya tidak mampu berkata apa-apa di depan ayah saya. Payah.
Saya masih ingat sekali kejadian ahad siang itu, saat tiba-tiba ayah saya sekali lagi membuat kami (orang rumah) kecewa. Tanpa pikir panjang, bahkan tanpa sempat berbicara dengan sepupu saya yang baru datang, saya langsung bersiap pergi. Entah saya juga belum tau saya mau kemana. Saya Cuma mau keluar, pergi dan tidak melihat kerumunan orang banyak didalam rumah.  
Adat saya memang keras. Ketika ada hal yang menurut saya tidak baik, saya tidak akan berubah sampai diri saya sendiri yang mau merubah. Sebenarnya siang itu kalau dibilang kabur pun tidak, karena izin sudah didapat oleh ibu saya yang sudah sejak tadi mendengar saya menangis.


Sampai di garasi rumah. Saya bengong. Saya tidak tau mau kemana, saya juga tidak tau mau naik apa. Pak sidik, ojek langganan saya pasti sedang kerja di kantor post. Kaka sepupu saya yang lain sudah tidak tinggal di rumah, Fikri sedang pergi keluar.
Hingga akhirnya ayah saya datang. Beliau berbaju rapi. „mau kemana? Ayo bapak antar“
Saya bengong. Saya marah, pak. Saya marah sama bapak, tapi ketika dia ada disitu… saya tetap tidak bisa berkata apapun. Padahal saya tau ayah saya dengan baik. Baginya, pergi meninggalkan teman-temannya yang banyak di rumah itu pasti ga mudah. Apalagi hanya sekedar nyamperin anak sulung nya yang lagi ngambek, dia harus panasin mobil, ganti baju etc.



I know him. Saat salah satu dari kami salah, kami tidak akan membahasnya dengan kata-kata, tapi dengan perlakuan, seperti yang ayah saya lakukan ini. Mengantarkan saya.
Yang ada dipikiran saya saat itu, ayah saya lebih baik pergi antar saya keluar daripada tinggal dirumah dengan teman-temannya. Spontan saya langsung sebut, „Pondok kelapa“. I know.. dari rumah ke pondok kelapa tinggal kepeleset juga nyampe, tapi saya ingin ayah saya tidak dirumah. Titik.
Di dalam mobil, segera saya hubungi teman dekat saya dari SMA yang tinggal didaerah itu. Apririta Gestin namanya, akhwat yang sekarang sudah jadi guru disalah satu TK Islam. Kebetulan banyak hal yang sudah lama kami tidak bincangkan bersama, alhamdulillah…….. paaaaas banget. Saat itu dia free. Saya licik, saya tau. Saya biarkan ayah saya berputar2 didaerah pondok kelapa dengan alasan, saya lupa gang rumahnya Apri.
Ketika saya sudah turun dari mobil. Ayah saya tanya, „mau bapak jemput pulangnya? Kamu mau kemana sama temanmu?“
Saya jawab asal, „labschool rawamangun. Ika pulang sendiri aja.“ Seturunnya dari mobil, tangis saya kembali pecah.
Saya sesalkan kelakuan saya yang seperti anak kecil itu ketika pagi ini saya dapat sms manis dari ayah saya tercinta, „– BAPAK YANG SELALU RINDU IKA-“. God knows how I love him so much. Saya kecewa, saya ngambek, beliau masih mau nyamperin. Tapi apa yang saya lakukan ketika saya mengecewakan beliau??? Sms barusan.. itu yang saya dapat. L
I miss him.
So

much.

Comments

  1. satu hal yang gak bisa kita lakukan sebagai anak ya itu, sayang sama orangtua seperti sayang orangtua sama kita.. :)
    nice post lok. hehehehe bermakna sekali.

    ReplyDelete
  2. ho'oh ly. dan lain hal nya, gue terlalu cengeng sampe ga bs mengungkapkan perasaan... I kinda miss you nih liy. tapi diem2 aja ya.. jangan bilang2. saya ga ekspresif kalo kangen. *big grin

    ReplyDelete

Post a Comment