Tugas

lo tinggal jawab pertanyaan ini, terus lo kumpulin
Saya: loh? Loh? Loh? Bukannnya ini pekerjaaan kelompok. Ko jadi Cuma saya yang ngumpulin. Saya bingung.
Satu minggu yang lalu di pelajaran System Analyse, saya disuruh mencari Partner untuk mengadakan interview ttg proses disatu perusahaan. Waktu itu saya belum punya teman. Di Grup saya, kira2 Cuma saya lah yang penyendiri. Penyendiri sih sebenernya engga, saya suka berteman. Tapi… bagi saya bersosialisasi langsung dengan orang untuk pertama kali itu kadang sulit sekali. Sama orang Indonesia aja sulit, gmn ma bule?
Nah.. alhamdulillahnya, pas tugas itu di bagikan, pas juga saya berteman dengan 3 mahasiswi asli jerman yang asalnya dr bermacam2 kota di Jerman .
Sudah sejak tugas itu dibagikan saya merancang pertanyaan2 tentang Asuransi Mobil, yang pada Jum’at lalu saya dan Katrin (partner saya itu) sudah sepakati sebagai tema Interviewnya. Tetapi saudara2… nyaris setiap hari saya Tanya kedia, kapan mau ngerjain tugasnya, teteuuuup weeee dia ga ada waktu. Alasannya dia mau nanya dulu lah ke senior yang dia kenal supaya lebih ngerti. – jadilah saya suudzon, saya fikir dia ngira saya ga ngerti apa yang dijelasin sama Dosen? –
Kemarin, Jum’at 23 November 2007,
Tugas dikumpulkan selambat lambatnya jam 9 malam lewat BSCW (semacam forum Mahasiswa dosen untuk saling bertukan dokumen dan folder, jadi walo mahasiswa nya ga masuk, bisa di masukin ke situ, dan dinilai). Sementara kami (saya dan Katrin) sama sekali belum ngapa2in. well… at least saya dah buat pertanyaan. Karena seperti yang sudah disepakati dari awal, saya yang nanya dan dia yang jawab. Karena saya belum punya pengalaman sama sekali dengan Asuransi mobil.
Sampe jam 10:30 pagi –sebelum Übung kuliah- dimulai, kita benar2 ga ada ide mau ngapain. Well, saya sih Cuma mikir, knp ga tinggal isi aja kalo emang dia tau gmn caranya proses satu mobil dari belum terasuransi sampe udah terjamin asuransinya. Lagian pertanyaan saya Cuma kulitnya doank. Sowieso saya foreigner, saya ga bisa (belum bisa ) nanya yang mendalam.
Akhirnya 15 menit sebelum Übung dimulai, dia mengucapkan kalimat diatas.
Ya saya panik. Teman saya yang lain Christin dan Karin sudah masuk ke kelas. Dari pada ketinggalan kelas langsung aja saya ngibrit.Partner saya tadi minta maaf dan ga enak. Dia nanya apa saya marah atau engga. Marah si kaga (soalnya saya lebih PW ngerjain sendiri). Kecewa iya… Dia bilang, 1 minggu saya ngejar2 dia ini, dia bener2 memang ga ada waktu. Karena setiap hari dia mesti kerja 2 kali. Buat ngulang pelajaran pun dia ga bisa. Yeah.. whatever.. Teman saya yang lain Christin dan Karin hanya bisa geleng2 kepala dan bilang ke saya ,“besok2 kalo ngerjain tugas cari partner yang lain aja“, kata mereka.
Pas dikelas, saya dah ngejelasin ke Dosen nya. Saya dah bikin tema baru lagi ttg –Travel Agency- dan beberapa menit sebelum Übung selesai, dosennya nyamperin saya dan bilang:
„ Kamu bisa ngerjain tugas bareng sama dia ga?“ –menunjuk ke perempuan asal Bulgaria- ya saya sih oke oke aja.
Pas ngerjain tugas doooonk.
Karena kami sama2 foreigner. Apa yang dia mengerti dari Dosennya dengan apa yang saya mengerti itu beda. Walhasil saya jadi nyaris menitikkan air mata karena gemes, dan alasannya adalah:
Saya sakit hati waktu tugas saya di ubah2 sama dia, dan dia bilang ,“saya ganti ya biar lebih menggunakan bahasa jerman tingkat tinggi“. Padahal kata2 yang dia ubah doesn’t make any sense, sowieso Pak Dosen dah lihat dan baca tugas saya dan dia einverstanden (setuju dengan isinya). Itu kahn namanya ngabisin waktu, ngebenerin sesuatu yang udah teruji kebenarannya.
Hellooo brain, where are you?
Lalu saat saya mau menambah beberapa pertanyaan pada interview dia bilang lagi ,“engga, kamu salah ngerti apa yang dosen bilang“. Glek…
Dan saat saya bilang ,“kalo saya ga ngasih pertanyaan, sama aja saya ngga satu kelompok dengan kamu“- dia angkat tangan. Keseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeel. Rasanya mau lempar monitor ke kepalanya.
Akhirnya, pas jam 2 siang, dia nyamper Dosennya lagi. Mau mastiin kalo apa yang dia bilang ke saya itu bener. Pas dia balik, dia nyengir. „sebenernya ga usah nambah pertanyaan, Cuma bagian ini harus dikasih 3 pertanyaan lagi aja“, dia menunjuk ke arah paragraf yang sebelumnya saya mau kasih tambahan pertanyaan. ALLOOOOHHUAKBAAAAAAAAAAAR!!! Allah maha besar ,Kau tunjukkan akhirnya kebenaran.
Akhirnya dengan malu, cewe tadi mempersilahkan saya pulang, dan dia meneruskan ngerjain tugas sendiri. Ya saya ga maoooo, orang tugas bareng2 ko masa ngerjain sendiri. Edan!

Comments

  1. wah nei,ternyata pas gw baca blog lo,asik jg ya,gw menikmatinya *halah*eh beneran,jadi terinspirasi buat blog jg,hehe

    ReplyDelete
  2. ini pasti mami deh. hehe ayo mi. dr kpn mo ngeblog ga jadi2.

    ReplyDelete
  3. adheek!!aku juga mengalaminya!!!ohhh....susahnyaa

    ReplyDelete

Post a Comment