Menstruationskalender

Informasi dibawah mungkin banyak yg sudah tau, tapi ga ada salahnya untuk mengingatkan kembali :)

Apa itu PMS?
PMS atau Premenstrual Syndrom  merupakan suatu kondisi di mana wanita lebih sensitif terhadap perasaan dan tubuhnya menjelang datang bulan. Via: shvoong

Bagaimana ciri-cirinya?
Gejala psikologi yang paling sering ditemukan adalah: Emosi naik atau mudah marah, sensitif, mudah cemas, dan dysphoria (unhappiness). Dari segi fisik perempuan akan mengalami kenaikan berat badan, sakit kepala, insomnia, kadang bisa juga mengakibatkan pingsan. Gejala-gejala yang ditimbulkan mulai Nampak ketika 10 hingga 12 hari menjelang menstruasi dan biasanya hilang sendiri setelah datang bulan.

Kenapa?
Penyebab munculnya sindrom ini memang belum jelas. Beberapa teori menyebutkan antara lain karena faktor hormonal yakni ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Teori lain bilang, karena hormon estrogen yang berlebihan. Para peneliti melaporkan, salah satu kemungkinan yang kini sedang diselidiki adalah adanya perbedaan genetik pada sensitivitas reseptor dan sistem pembawa pesan yang menyampaikan pengeluaran hormon seks dalam sel. Kemungkinan lain, itu berhubungan dengan gangguan perasaan, faktor kejiwaan, masalah sosial, atau fungsi serotonin yang dialami penderita. Via: Wikipedia

Bagaimana cara menanggulangi/ mengurangi rasa sakitnya?
Anjuran makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit:
• Mengkonsumsi air minum dalam jumlah yang cukup, idealnya 2 liter atau 8 gelas per hari.
• Mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleksseperti nasi dan sereal.
• Kacang-kacangan seperti soya dan buncis.
• Herbal: Sayuran dan buah-buahan
• Makanan yang kaya akan asam lemak seperti minyak ikan dan kacang-kacangan.
• Vitamin B kompleks yang dapat membantu menjaga tubuh dari tekanan stres.

Kalau masih sakit juga, periksakan ke dokter. Terutama yang sering pingsan dan keram kaki hingga susah beraktifitas saat PMS.

Bagaimana cara mengurangi gangguan psikologis nya?
Hehe yg ini kayany, banyak2 istigfar deh!!! Saya juga masih SULIT „ga marah-marah“ kalo lagi PMS. Sampe rasanya mau makan orang dan pengen nyemprot orang pake gas air mata *sadis ya?. But then again, even every bad things has its positive side. Ada satu kelebihannya juga sih, bagi saya saat PMS itu saya jadi lebih „BERANI“. Maksudnya berani mengutarakan perasaan dan berani maju terus pantang mundur. Haha naon sih?

Tips:
Seperti mama kita sering bilang, ternyata memang membuat siklus menstruasi di organizer itu juga membantu mengkontrol PMS looo. „Ein Tagebuch der Perioden und der Symptome - diese hilft dir, herzustellen, ob deine Symptome einem Muster, das folgen mit deinem Zyklus, diätetische Änderungen verbunden ist.“  Via: Beauty Cosmetic Guide. Selain itu jarak periode menstruasi yang normal adalah sekitar 20-25 hari. Jadi kalau kurang dari jarak waktu tersebut atau bahkan berlebihan, ga ada salahnya tanya ke dokter.

Kalau malas buat Menstruationskalender sendiri, bisa di download disini :)
ps: Dihias organizernya biar ga bosan :D

Comments

  1. waaa.. aku ngga pernah buat kalender bgtuan.. si nindya di kasih sama dokter kalender bgtuan...Aku coba aaa.. danke ya info nya.. riska, jg pke kalender2 ran?aku panggil nama atau kak riska? aku tu suka lupa. Ada yg ngga mau di panggil kakak takut kliatan tua nya.. hihihi.. ada yg pke kak aja.jdi msih binung..

    ReplyDelete
  2. iya, aku pake kalender. Ibuku yang nyuruh... tapi pas baca artikelny kmrn, jd lebih percaya. hehepanggil aku "de riska" aja put. ahahaha. ga usah pake "KAK". bukanny takut keliatan tua, tapi risih denger kata "KAK". kaya... "kacke" hehehehew

    ReplyDelete
  3. hahaha.. oiya lupa.. kan di panggil neinei.. hihihi..

    ReplyDelete

Post a Comment