Lebih sayang siapa?

Sepengalaman saya sepanjang hidup di dunia selama kurang lebih 22 Tahun 7 bulan 11 Jam... saya paling wonder dan ngerasa "WAW" ngebaca hadist ini: "Dari Anas bin Malik radhiallâhu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tidaklah (sempurna) iman seseorang diantara kalian hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri". (H.R.Bukhari dan Muslim).

beneran... saya wonder... beneran gitu ada manusia yang bisa PURE ngerasa bahagia karena saudaranya bahagia jaman sekarang? tanpa mikirin dirinya sendiri dulu?. Well... irgendwie saya si ngerasa SUSAH BANGET melihat kalimat diatas nyata. Bukan... bukan maksudnya ngeraguin hadist, tapi cuma mau berkaca. Maksudny kata-kata "sempurna iman". Can we really make it happen? or at least try our hard to get there?

Ga usah lihat jauh2, saya sendiri... kadang bengong kalo liat diri saya ngelakuin hal baik ke orang lain. Saya ga bisa mengukur ke ikhlasan perbuatan saya sendiri. Saya suka nanya2, "barusan gue ikhlas ga ya bukain pintu buat dia?".

Lalu...
saat saya, misalkan menolong orang. Did I really do that because I want to help him/her??? or because I wanna get some reward? egal apakah itu uang, pujian, senyuman, pangkat dan jabatan atau mungkin lirikann orang lain. Dari yang beginian aja saya ga bisa ikhlas? gimana mau mencintai orang lain lebih dari mencintai diri sndiri`???

muter-muter ya? sorry... ini curhat beneran soalnya, bukan pandangan, pendapat, opini, atau dsb. Ini beneran keluh kesah. hehe...


"Aku sih pengen diajarin sama Tuhan gimana caranya ikhlas, tapi lalu... aku minta pamrih dulu dari orang untuk dibantu dengan ikhlas. "

"aku mau senyum, tapi nunggu disenyumin orang. "

"aku mau nolong, asalkan si anu lihat. "

"aku mau staub saugen masjid soalnya malu Mbak Fay lagi staub saugen masa aku diam aja? mo ditaro mana mukeee???"

"Aku mau bikin mading tadzkia karena orang2 muji hasil karyaku..."

"Aku mau ajak ngobrol si anu, biar terlihat ramah"

"Atau... ketika Pak Makky lewat, saya akan berhenti tertawa di masjid, kan maluuu masa di masjid ketawa ketiwi?. "

hmn...memang tulisan diatas ga terucap oleh mulut, tapi dihati suka nyadar ga si kerasa beginian CLING gitu ga sengaja lewat... terus pertanyaan diatas muncul lagi deh, gue ikhlas ga ya tadi?
Man...there's so much thing I couldn't do properly...

Well... mungkin irgendwo... irgendwann.. beneran ada orang kek gini, atau... mungkin disekitar saya tapi gak kelihatan. Karena... sering kali, saat saya menilai orang "baik", ternyata setelah mengenal lebih dalam, saya sendiri yang kecewa dengan penilaian saya diatas. Well... overall who the hell I am bisa nge judge orang?

nobody's perfect, that's right. cuma...kenapa ga mencoba keras untuk menjadi salah satunya`?
can we?? Can we really do everything for the sake of our brother or sister secara ikhlas, ga pamrih semata-mata karena kita sayang sama orang itu, karena kita tau dia saudara?

Comments

  1. Memang indah yah Islam itu. Saya juga speechless baca hadits ini.

    ReplyDelete
  2. GAUL BANGET SIH BLOG LOOOOOOO. hahhahahahahaha :D iya deh postan riska yang ini bikin pertanyaan lagi, buat diri sendiri..

    ReplyDelete
  3. you know what, hari ini saya nginap di masjid, seperti biasa, setiap habis subuh mas habib membacakan dua hadits. dan kebetulan, hadits terakhir yang dapat giliran untuk dibacakan oleh beliau sebelum beliau pulang ke indonesia, adalah tepat hadits ini...

    ReplyDelete
  4. I'm a big fan of him mas... today in my office I almost cry as I talked to him... I adore him deh... really :(
    but he's back for good. I believe someday saya akan bertemu lagi dengan bapak super baik tersebut :)

    ReplyDelete
  5. salam ukhwah =)
    saya suka coretan kamu...

    ReplyDelete
  6. terimakasih...
    blog Dr Raiz pun tak kalah bagusnya...
    orang malaysia ya? guru mengaji saya disini pun orang malaysia loo :)

    salam ukhuwah juga :)

    ReplyDelete

Post a Comment