their thoughts

Sebelumnya saya ga nyangka kemarin Jerman-Argentina skornya bisa sampe 4:0. Dari sekian pertandingan Jerman baru kali ini saya ga peduli dan pergi kesana-kemari. Sampe akhirnya pas turun dari bis 123 di ujung jalan Perleberger dan Rathenower menuju masjid, sekelompok pendukung jerman berjejer sambil mengangkat tangan dan bergaya bak Madona wkt jadi Evita Peron sambil nyanyi, „don’t cry for me Argentina…“, saya melewati mereka dengan cengiran lebar…

Well let see… terakhir kali bicara sama ibu saya itu sekitar 2 minggu yg lalu. Quit a long time for us not to talk. Sore ini, saat ikut barbequean di acaranya DMK (Deutschsprachigen Muslimkreises) sempat ngobrol dengan Mba Erlina dan Kak Butet (they are great mother btw) tentang gimana susahnya ngebesarin anak di Jerman. Keduanya punya anak 3 dan semuanya besar di Jerman.

Dua anak mba Erlina dan satu anak kak Butet adalah murid TPA yang cukup saya kenal. I always wonder how did they teach their daughters sampe anak2nya sudah gede2, pengetahuannya luas dan kesadaran agamanya tinggi. Padahal di Indonesia aja jarang2 anak muda mau ikut kajian.

Kalau sore ini saya ga berbincang dengan mereka… mungkin saya ga akan tau apa yang ibu saya rasakan saat saya bandel, atau berkata „tar dulu…“. Hehe… simple sih, tapi raut wajah dua ibu itu langsung sedih dan kecewa ketika cerita kalau anaknya bilang, „nanti“, „engga“, „ah“, dan ketika mereka ngelewatin shalat, malas ke masjid, atau diem di depan Internet seharian.

Tiba-tiba aja pipi panas saat melihat ekspresi kedua ibu itu. Karena setelah dipikir2, ibu saya ko ga pernah curhat tentang saya ke saya ya? :-( dan… sebagai anak yang (hmn…) pernah ngomong gitu ke ibu, saya rasanya dulu santai banget. Mana saya tau gimana perasaan ibu saya. Kayanya asik aja ngomong seenak jidat tanpa mikir perasaan lawan bicara yang notabene harus dihormatin banget banget banget.

"kepala saya pengen pecah rasanyaaaa kalau anak susah disuruh shalat"

"nangis sudah tidak bisa lagi, saat suruh anak berhenti main komputer seharian"

sebagai anak mungkin kita bilang, "ya elah, biasa aja kaleee", tapi... wajah mereka beneran sedih loh... dan sedih nya itu, karena mereka khawatir dan sayang.

We will never realize until we’re being a mother to someone. Banyak yang bilang gitu. Tapi having a nice afternoon talk with moms like them bikin sadar dan lumayan miris juga. Lebih sering ngobrol sama ibu-ibu kali ya…? Hehe

Selainnya,

Still working on Alexanderplatz project… J and coba-coba jadi pembuat homemade tempe juga berguru seharian dengan Mba Munaya pekan lalu.

Comments

  1. neii abis baca tulisanlo
    anehnya bukannya gwe tambah berpikir dua kali buat jadi ibu
    malah makin mantap
    nenei aku ingin punya anak :D

    ahhh
    another quarter's life crisis

    ReplyDelete
  2. Bener ih... jadi mikir, bisa ga ya.. qt bnr2 jadi hadiah terindah buat ibu qt ???
    Walaupun mereka ga pernah berharap banyak dari qt , , ,

    ReplyDelete
  3. sowieso bet... emg dasar perempuan mah gemes liat anak kecil. tau deh laki2 kek gimana. :D

    ReplyDelete
  4. nah see... nice comment kek gini juga bikin mikir tut :)

    ReplyDelete
  5. laki2 suka kok anak kecil ka.. lakiku sukaaaaa sekali anak kecil hihihihhii

    ReplyDelete
  6. pican? masa ? *frown.
    btw elo gue pica apip kita makan bakso bersama summer ini sebelum ramadhan!!! :) gue culik si apip tar.

    ReplyDelete

Post a Comment