Kenapa jarang pergi sama teman?


Di bulan-bulan pertama pernikahan ketika saya kemudian ga punya waktu untuk ketemu teman, sekedar hang out atau ngobrol aja di telphone, saya ngerasa kesindir ketika ada tweet dari seorang teman yang kalo ga salah begini "gue ga mau kalo udah nikah ga jalan lagi sama temen2 gue atau ngelarang istri gue jalan sama temennya". 

Kalo ga salah seperti itu, yaaa kurang lebih begitu. Kenapa saya kesindir? (kesindir disini bukan berarti saya tersinggung ko, cuma berasa aja lagi diomongin :D hehe. Soalnya kala itu sang teman yang notabene seorang laki-laki menanyakan kapan mau ambil titipan dari teman saya yang lain. Hal ini mungkin sepele bagi sebagian orang. Masa ambil titipan di rumah teman aja ga boleh?

Namun kalau boleh saya kasih alasan. Kala itu memang saya ga bisa ngambil karena ngga ada kendaraan, dan ketika itu suami wanti2 saya untuk jangan naik kendaraan umum sendirian. Jadi bukan saya kemudian dilarang suami. Ketika kemudian cari waktu lain yang pas, ga pernah ketemu. Lalu timbul pertanyaan lain, emang ngapain aja sih? dirumah doang kan jadi istri rumah tangga? emang ga bisa nyempatin ketemuan sama teman sebentar doang barang 2 atau 3 jam?

Hal sepele seperti bertemu teman hanya sekedar ngobrol atau hang out tanpa keperluan yang berarti bisa juga loh melukai hati pasangan kita ternyata. Apalagi ketika ternyata pekerjaan pokok dan yang wajib kita kerjakan belum dikerjakan sepenuhnya. Contoh aja misal si suami pergi dengan temannya, makan diluar, dibayarin sama temannya sih, tapi ternyata uang bulanan belum dikasih ke istri hingga istri belum bisa beli detergen buat cuci baju. Atau kemudian apabila istri pergi main ke rumah tetangga sementara rumah masih acak-acakan, baju belum disetrika etc kemudian pas suami tiba dirumah.

Padahal apasih yang bisa kita dapat dari sekedar hangout selain ghibah dan ikhtilath? ilmu? pasti sedikit sekali. Beda ketika kita pergi keluar ada alasan yang jelas dan perlu kemudian suami tercinta pun ridho. Pasti lebih nyaman dan insyaallah Allah pun Ridho.

Intinya sih gimana kita mengerti pasangan kita supaya kita juga dihargai dan dimengerti.
Lalu gimana cara siasatin itu semua? cara yang kepikiran di benak saya adalah :

1. Pergi dengan teman boleh, tapi ketika suami lagi kerja dan kembali sebelum suami datang. Tapi, kan teman-teman juga jadwal kerjanya sama suami, jadi jelas yang ini ga bisa.

2. Pergi weekend saat suami lembur. In my case yang ini ga bisa dilakukan karena, kalau weekend panda ada lembur, saya harus silaturahim ke rumah orang tua. Karena inilah jadwal kami berdua kalo weekend. 
 Weekend ada dua hari: sabtu dan minggu. Sabtu kerumah saya, minggu kerumah mertua atau sebaliknya. Jadwal ini ga akan berubah kecuali jika kami berdua sakit atau kecapean. dan.. ini memang harus begitu, jika tidak orang tua kami akan menanyakan kabar dan kami ga mau mereka khawatir atau sedih.

Mengingat dengan dua cara diatas ternyata saya masih ga bisa ketemu teman, jadilah kadang saya suka disindir begitu begini. Yang paling sering sih , "ga enak ya, udah nikah dilarang kesana kemari". Padahal jujur, saya masih pergi kesana kemari. Asal jelas kendaraannya apa yang mana, mau kemana, sampai jam berapa. Supaya suami ngga khawatir. Karena suami saya sayang sekali sama saya.

Alasan diatas logis bagi orang yang sudah berumah tangga. Mungkin beda yaaa kalo suaminya membolehkan istri pergi saat sang suami ada dirumah.... alhamdulillahnya walau seandainya suami memperbolehkan, saya ga mau pergi ketika dia ada dirumah insyaaallah.

Comments

  1. eh gue mau juga ah pajang foto sama deva gitu di kolom profil. tapi belom ada foto bagus deh devanya suka over cool. ahahahaha gue ngerasain deh ini yang ini.. udah agak mulai ngerasain maksudnya.. tp alhamdulillah yaa? tos lok!!

    ReplyDelete
  2. Nei mau kritik sedikit:
    gwe tau ngeluangin waktu untuk temen lu bukan prioritas utama lo lagi, dan itu wajar karena lu sudah menikah sekarang. Tapi dengan berargumen seperti ini "Padahal apasih yang bisa kita dapat dari sekedar hangout selain ghibah dan ikhtilath? ilmu? pasti sedikit sekali. Beda ketika kita pergi keluar ada alasan yang jelas dan perlu kemudian suami tercinta pun ridho.". Belum2 lu sudah bernegativ thinking sama temen lu yg belum lu temuin juga. Positiv thinking nei klo lo berfikir positiv bahwa dgn ketemu temen elo, elo bisa berbagi cerita, kasih sayang dan ilmu contonya maka itu yang lu bakal dapet dari pertemuan elu sama temen2 lu. Tapi klo lo belum2 udah berfikir nggak ada mafaatnya cuman ghibah doang, maka itu juga yang bakalan lu dapet dari temen2 lu.
    mungkin temen lo itu termasuk gwe cuman kangen sama elu nei. Kangen sama sahabat yg dulu sering diajak berbagi perlahan hilang ditelan bumi *hoho. Kalau boleh kasih saran temuin lah temanmu itu dan sebelumnya minta izin ke suami. Temenlu itu pasti bakal seneng nei. Klo lo juga bisa bikin lingkungan/temen2 lo seneng dengan elu ada didalamnya kenapa nggak?: Kebahagiaan itu bakal berlipat ganda kalau dibagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bettiiii :)
      First of all kaget banget liat komen ini, GR dikomenin. beneran.

      Selanjutnya... :) terimakasih atas kritikannya. Alhamdulillah masih ada yang perhatikan :)
      bener banget bet.
      Ketemu temen itu memang banyak lagi guna baik nya selain ghibah dan ikhtilat. Tapi khusus wanita aja, karena kalo ketemu temen cowok tanpa dampingan mahram mah atuh ikhtilat ya? hehe. Insyaallah kalo ketemu teman wanita masih ko bet. Apalagi temen yang cuma pulang beberapa tahun sekali ke indo. Gue pun kangen. Biasanya kalau ada keperluan penting minta antar kesana kemari insyaallah gue ikut. Dengan catatan tidak berbentrokan dengan kewajiban gue yang lain. Ini sih prinsip gue aja. Dan gue pun ga akan minta ketemu sama teman seandainya waktu2 tersebut berbentrokan dengan keperluan teman tersebut yang lebih harus diutamakan, insyaallah.

      Yang ditekankan diatas itu sebenarnya ke "ngobrol atau hang out tanpa keperluan yang berarti". Kadang permintaan itu datang ketika malam dan itu benar2 ga bisa dilakukan. Ataupun permintaan itu datang saat gue harus melakukan hal lain. Ini jelas2 defensif banget, tapi memang begini kenyataannya :)

      Delete

Post a Comment