Trimester Pertama

Bismillah
Walau baru masuk 10 minggu kehamilan, tapi sudah lumayan kenyang baca artikel tentang trisemester pertama kehamilan.

Sebelum hamil kami (saya dan panda) ga ikut program apapun dari dokter. Ketika itu sempat nyesek saat suami cuma diam waktu saya bilang saya mau periksa ke dokter apa saya sehat atau tidak. Setelah itu kemudian Panda jelaskan kalau rezeki berupa anak itu murni Allah yang punya kuasa, kalau mau periksa silahkan. Tapi panda menyarankan baiknya kita lebih banyak interospeksi, berdoa, dan hidup lebih sehat. Begitu aja saran dia. 


Akhirnya setelah itu saya mulai konsumsi soft tablet vitamin E, dan rutin makan buah kiwi, yang konon katanya bisa meningkatkan kesuburan. Alhamdulillah... atas kehendak Allah Ta'ala sebulan kemudian saya hamil.

Yang perlu diketahui dan disadari benar dari paragraf diatas bukan vitamin E atau kiwi nya yang buat saya hamil. Tapi kesadaran dan kepasrahan diri bahwa rezeki itu Allah atur dengan amat sangat adil. Pun ketika ga dikasih, ga usah sedih karena toh masih banyak rezeki lain yang dikasih Allah.

Kemudian saya mulai ublek2 majalah2 yang dulu pernah saya beli saat awal nikah. Yup, majalah kehamilan. Pada dasarnya semua artikel dimajalah itu mengacu dari dokter juga. Soalnya apa yang dijelaskan di dalamnya dengan apa yang di kasih tau dokter itu kurang lebih sama.


Hal umum yang harus diketahui contohnya:

1. Tiga bulan awal kehamilan itu awal pembentukan otak sang calon bayi. Jadi asupan nutrisi benar-benar harus masuk ketubuh ibu, biar diserap secara maksimal sama si calon bayi. Yang paling utama itu dan berkali2 disebut obgyn saya (Dr. Diah Sartika, SpoG) adalah Asam Folat. Asam Folat merupakan turunan dari vitamin B yang diperlukan untuk pembentukan sistem syaraf pusat janin diawal kehamilan. Contoh makanan yang banyak mengandung asam folat adalah: Brokoli, Kiwi, biji-bijian, ikan serta susu.

2. Makan makanan mentah atau setengah matang itu BIG NO for pregnancy. Jadi Sushi, sashimi , Salat mentah, not well done steak itu harus dicoret dari daftar makanan. Sebenarnya untuk sushi masih ada yang dibolehin sih yaitu fushion sushi yang pake udang goreng atau eel yang sudah di masak matang, namun yang jelas original sushi macam sake, tamago, ineri, kani - nigiri, ataupun maki itu jelas ga boleh (ngetik sambil meleleh pengen banget). Lalu kenapa salat ga boleh? dikhawatirkan pestisida atau zat kimia lain belum begitu bersih saat dicuci, lalu khawatir masih membawa spora, bakteri, cacing atau telur cacing yg tidak terlihat.

3. Kebanyakan ibu hamil mengalami sembelit. Kata bu dokter sih ini normal. Kenapa nya lupa waktu itu pernah dijelasin. hehe. Strategi supaya sembelitnya tidak begitu menyakitkan adalah dengan banyak-banyak minum air putih dan sayuran.

4. Hiperemesis (mual muntah) biasanya puncaknya terjadi di 8-12 minggu kehamilan. Dokter biasanya kasih resep obat mual buat bumil. Tapi Alhamdulillah karena si cimit ini tidak begitu merepotkan, kata dokter obat mualnya nda usah di beli dulu. Kecuali bila ingin bepergian jauh. Strategi untuk ibu hamil yang mengalami mual muntah berlebih adalah dengan konsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, atau crackers. Kalau bisa saat bangun tidur langsung cemil2 sesuatu, ini benar2 kurangi mual pagi hari.

5. Perlu diingat, ibu hamil tidak perlu makan dua porsi setiap waktu makan. Makan secukupnya, yang penting disela-sela waktu makan itu selipkan cemilan sehat seperti buah, crackers, roti gandum sepotong, atau sayuran rebus.

6. Yang paling penting jaga kondisi psikologis. Kata bu dokter biar ga makin ribet sendiri dan ga ngeribetin pasangan. Cari dan lakukan hal yang menyenangkan seperti baca buku, tonton film babies etc.

7. Dari USG 2D biasanya 4 minggu awal kehamilan belum bisa secara pasti di deteksi, hanya sebuah titik aja kelihatannya, namun setelah 8minggu insyaallah sudah bisa dilihat dan ditentukan usia kandungan. Ibu juga bisa hitung sendiri usia kandungan bahkan prediksi siap hamil di online kalkulator kehamilan. Saya nemu satu online kalkulator yang lumayan lengkap ngitungnya. KLIK DISINI

Kira - kira begitulah pesan sang dokter setelah dua kali ketemu. Alhamdulillah dokternya cocok. Mudah-mudahan bermanfaat.

love,
Riska Barokah


Comments

  1. =) MasyaAllah, temenku yang satu ini udah mau punya anak InsyaAllah..ntah kenapa hawa senengnya sampe sini lho ris...request foto masih berlaku lho ya, ntar2an aja...kirim ke email ku aja, atau kalo mau diupload disini ya gak jadi request =D
    seumuran pernikahan kalian baru punya anak itu masih bisa dibilang biasa, dibandingkan dengan yang lain2 yang sampe bisa bertahun tahun belum dikasih momongan...soalnya disini kakak ku juga suka curhat masalah dapat momongan ke aku, yaaa aku cuman bisa bilang 'sabar aja' , kadang2 yang bikin resah itu biasanya karena serbuan pertanyaan2 tipikal dari sana sini =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D insyaallah ya El... Saling doakan supaya sehat selalu... :D tar insyaallah dikirim photonya

      Iya bener, tapi memang kadang komentar orang luar yang suka bikin kita malah murung padahal diantara suami dan istri ga ada masalah sama sekali. Harus banyak sabar..

      Delete

Post a Comment