The perks of Giving birth

Bismillah...
pic source: https://pixabay.com/id/bayi-anak-kelahiran-kepercayaan-1681181/

Hamil Pertama

Diumur saya yang ke 30 tahun ini, biidzinillah saya dikaruniai 3 orang anak, yang umurnya berbeda jarak kelahiran tidak lebih dari 2 tahun. Sungguh tantangan terbesar saya saat ini adalah menjadi ibu dan istri.

Saat kuliah dulu saya belum kepikiran, mau nikah punya anak berapa dsb. Apalagi baca-baca buku parenting, cari tau ini itu. Sehingga saya memang buta dalam hal mengurus anak. Yang saya tau mereka kadang lucu kadang nyebelin (berdasarkan pengalaman ikut bantu2 di TPA IWKZ Berlin).

Dua hari pasca kepulangan saya dari Rumah sakit setelah melahirkan, kondisi psikologis saya saat itu seperti ga karuan. Tapi saya selalu menyangkal. Padahal saya sendiri pernah dengar yang namanya baby blues, namun saya kaya ga percaya hal itu ada. Karena diotak saya, seorang ibu, pasti langsung jatuh cinta sama anaknya.

Hingga akhirnya saya pun merasakan hal tersebut. Mengurus anak pertama sendiri dari pagi ketemu pagi. Sebenarnya Hudzaifah itu masyaallah, dari kecil ga pernah saya ngerasa dia rewel saat tidur. Dia sudah paham pola tidur karena suami terapkan untuk matikan lampu setiap mau nidurin anak. Jadi karena kebawa suasana gelap, Hudzaifah dari bayi biasa tidur lelap, dengan mendusin minta ASI yang terhitung ga ngerengek rewel.

Namun apa yang saya rasakan ternyata buruk untuk anak saya. Saat itu ketika suami menawarkan makan, dan saya ngerasa ga mood, kemudian suami bilang, "kasihan Hudzaifah". Itu rasanya kaya mau meledak. KESEL banget, padahal kl mau berpikir jernih, ya namanya ngasih ASI eksklusif ya kudu jaga asupan makanan. Tapi saat itu saya kesal, karena seolah perhatian semua tertuju pada Hudzaifah. Padahal saya juga merasakan sakit luar biasa pasca operasi. Menurut saya begitu.

Dan unfortunatelly, perasaan insecure dan emosi yang fluktuatif itu ngaruh ke kepribadian Hudzaifah. Dia itu sensitif sekali. Biarpun anak lelaki, Hudzaifah gampang tersentuh hatinya, mudah nangis, mudah marah, mudah bahagia dan dia deep thinker. Saya ngerasa banget Hudzaifah masih suka bingung dan pembawaannya ga santai kalo lagi ketemu teman-temannya. Contohnya, misal teman yang lagi main sama dia ga mau salim atau balik ucap salam, Hudzaifah bisa stress sampe teriak, "kenapa sih dia ga mau main sama aku?" ... Mama always feels bad about this.

Belum tuntas baby blues dengan Hudzaifah, saya dinyatakan hamil lagi.

Berulang di jaman Ubaydah, dengan sedikit pengurangan rasa sensitif. A friend once told me, that apa yang membuat kita berhasil mendidik anak adalah semata-mata karena karunia Allah. Bila hari itu emosi kita stabil dalam menghadapi mereka. Itu bukan karena kepandaian kita dalam mengatur emosi, tapi balik lagi... itu pertolongan Allah.

Qodarullah pada saat hamil Ubaydah, abang sudah agak besar. Dia mudah konsentrasi sama mainan, dan sekali lagi, I am blessed to have abang yang super ngertiin mamanya. Inget banget jaman hamil Ubaydah saya agak freak dengan kebersihan sampe kudu banget ngepel berkali-kali dirumah kl kelihatan kotor, dan Hudzaifah yang umurnya baru satu tahun biidzinillah paham, dia langsung naik ke atas sofa bawa mainan. (kalo inget ini bawaannya suka pengen nangis)

Dengan banyak bantuan abang dan suami, kehamilan Ubaydah merupakan kehamilan paling nyantai selow dan ngeunaheun... Hasilnya? Pas masuk ruang operasi, itu masyaallah tabarokallaaah, tenang, santai, udahannya juga belajar jalan sendiri, banyak senyum etc.

Ubaydah turns out to be a very nyantai boy, lovely boy banget favo nya tamu-tamu kl main ke rumah. Dia beda banget sama abangnya. Kalo lagi kumpul sama saudara terus anak2 rebutan mainan, Ubaydah lebih milih ngambil mainan lain, dan melipir main sendiri. Kalo mama papa marah, dia mendingan pergi. Dia bukan cuek ya... karena beberapa kali saya temuin, Ubaydah pernah bilang ke abangnya untuk turutin perintah mama. Contoh: saat sholat dirumah, mereka berdua biasanya ikutan mama. Hudzaifah mulai bosan dan balik ke tempat tidur, then Ubaydah bilang, "abaaang, ayo sholat sama mama". Dan dia incredibly selalu ingat sama abangnya. Kl mama kasih sesuatu, dia always ga pernah never (kecuali lollypop) bilang, "abang mau ga?"

Tinggal Rumaisha ni yang belum ketahuan bagaimana. Cuma kerasa aja dia lebih nempel dibanding abang. Saya lebih sering gendong saat punya Rumaisha. Sebelumnya Hudzaifah dan Ubaydah itu anteng duduk di stroller kalo jalan-jalan, kalo Rumaisha, no no. Akhirnya diapun digendong terus. Bahkan masak pun ku gendong. hehe

Intinya kalo dari pengalaman saya kondisi psikologi ibu saat hamil ngaruh banget ke karakter anak kemudian. Allohu'alam bishawab




Comments